Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir (EULA) dan PRIVACY NOTICE PESERTA DANA PENSIUN TELKOM


Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir (EULA) Dana Pensiun TELKOM



1. Pendahuluan

Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir (EULA) ini adalah perjanjian hukum antara Anda dan Dana Pensiun Telkom. Perjanjian EULA ini mengatur penggunaan aplikasi Dana Pensiun Telkom baik registrasi atau daftar ulang kepesertaan Dana Pensiun Telkom. Silakan baca perjanjian EULA ini dengan seksama sebelum menyelesaikan proses instalasi, menggunakan dan mengakses aplikasi ini. Ketentuan Layanan ini mengatur penggunaan atas halaman web/aplikasi kami yang dioperasikan oleh Dana Pensiun Telkom. Perjanjian anda dengan kami berarti menyetujui bahwa anda telah membaca, memahami perjanjian dan setuju untuk terikat dengannya. Jika Anda tidak setuju (tidak dapat mematuhi) dengan perjanjian ini, maka anda tidak dapat menggunakan layanan aplikasi kami ini, anda juga dapat memberi tahu kami dengan mengirim email ke Pengelola.IT@dapentelkom.co.id agar kami dapat mencoba mencarikan solusi lain. Ketentuan ini berlaku untuk semua pengunjung, pengguna, dan orang lain yang ingin mengakses atau menggunakan layanan ini.

2. Registrasi Pengguna

Registrasi diperlukan bagi anda untuk menggunakan Aplikasi Dapen Telkom Mobile. Perhatikan lebih lanjut bahwa ketika anda membuat atau mendaftar akun, maka anda menyetujui perjanjian ini dan anda tidak diizinkan untuk menggunakan akun orang lain tanpa izin. Penting bahwa anda memberikan informasi yang akurat dan lengkap dalam membuat akun. Untuk Registrasi Layanan, anda perlu menyediakan informasi dan data yang valid, yaitu:
1. Nomor Induk Karyawan (NIK)
2. Nomor KTP (Nomor Induk Kependudukan)
3. Nomor Telepon
4. Foto KTP
5. Foto Wajah
6. Lokasi GPS
Kami meminta anda untuk memberikan nomor handphone dan foto wajah ketika anda mendaftar layanan ini, yang berfungsi sebagai kontrol atau validasi kepesertaan pada Layanan Dana Pensiun Telkom. Perhatikan bahwa dengan memberikan nomor handphone anda atau Ketika membuka akun anda, maka anda menyetujui kami untuk menggunakan nomor handphone anda untuk keperluan layanan kami. Kami dapat menggunakan layanan pihak ketiga untuk tujuan memfasilitasi pelayanan. Dengan memberikan informasi (membuka akun perangkat lunak) anda, anda memberi kami hak untuk memberikan informasi tersebut kepada pihak ketiga tersebut. Kami berhak menolak atau membatalkan akun anda sewaktu-waktu dengan alasan layanan atau ketidaksesuaian pembuatan akun atau alasan lainnya, namun tidak terbatas pada hak dan kewajiban anda pada Dana Pensiun Telkom. Kami berhak menolak atau membatalkan akun anda jika dicurigai ada penipuan atau terlibat transaksi yang tidak sah atau ilegal.

3. Komunikasi

Dengan anda membuat akun di Layanan kami, anda menyetujui untuk menerima informasi yang kami kirimkan dan menaati peraturan yang berlaku di Dana Pensiun Telkom Dengan ini anda menyatakan dan menjamin bahwa:
(i) Anda memiliki hak hukum untuk memberikan data atau informasi terkini sehubungan dengan penggunaan perangkat lunak ini; dan bahwa
(ii) Informasi yang anda berikan kepada kami adalah benar, tepat dan lengkap.

4. Konten

Layanan kami memungkinkan anda untuk menautkan, menyimpan, membagikan dan dengan cara lain menyediakan konten informasi, teks, gambar atau materi tertentu lainnya. Anda bertanggung jawab atas konten yang anda berikan pada layanan ini, termasuk legalitas, keandalan dan kesesuaiannya. Dengan membagikan konten pada atau melalui layanan, anda menyatakan dan menjamin bahwa:
(i) Konten adalah milik anda dan/atau anda memiliki hak untuk menggunakannya dan hak untuk memberi kami hak dan lisensi sebagaimana diatur dalam ketentuan ini,
(ii) Bahwa pengiriman konten anda melalui layanan ini adalah tidak melanggar hak privasi, hak publisitas, hak cipta, hak kontrak, atau hak lain apa pun dari orang atau entitas mana pun.
Kami berhak untuk menghentikan akun siapa pun yang ditemukan melanggar hak cipta. Dalam penggunaan Layanan Dana Pensiun Telkom, informasi yang disediakan oleh pengguna dan perubahannya akan disimpan dan dikelola oleh Dana Pensiun Telkom. Berikut merupakan informasi yang dikelola dalam Aplikasi ini:
1. Nama;
2. Alamat:
3. Tempat & tanggal lahir;
4. Informasi pasangan;
5. Informasi anak;
6. E-mail;
7. Nomor telepon;
8. Informasi sipil (KTP, KK, NPWP);
9. Lokasi GPS;
10. Informasi gawai atau perangkat
11. Informasi lain yang berkaitan dengan Penerimaan Manfaat Pensiun
Anda juga didorong untuk menjaga agar informasi akun anda akurat dan diperbaharui setiap saat untuk memastikan manfaat maksimal dari Layanan Dana Pensiun Telkom. Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas aktivitas yang terjadi pada akun anda, termasuk keamanan dan password anda.
Anda tetap berhak atas konten apa pun yang anda kirimkan, posting, atau tampilkan pada atau melalui layanan ini, dan anda bertanggung jawab untuk melindungi hak-hak tersebut.
Dengan memposting konten menggunakan layanan, anda telah memberi kami hak dan lisensi untuk menggunakan, memodifikasi, melakukan secara publik, menampilkan secara publik, mereproduksi, dan mendistribusikan konten tersebut melalui layanan kami. Anda setuju bahwa lisensi ini mencakup hak bagi kami untuk membuat konten anda tersedia bagi pengguna layanan lainnya, yang juga dapat menggunakan konten anda dengan tunduk pada ketentuan ini. Namun kami tidak bertanggung jawab atas konten yang anda kirim atau posting langsung kepada pihak ketiga mana pun di atau melalui layanan ini. Dana Pensiun TELKOM berhak tetapi tidak berkewajiban untuk memantau dan mengedit semua konten yang disediakan oleh pengguna. Selain itu, konten yang ditemukan pada atau melalui layanan ini adalah milik Dana Pensiun Telkom atau digunakan dengan izin. Anda tidak boleh mendistribusikan, memodifikasi, mengirimkan, menggunakan kembali, mengunduh, memposting ulang, menyalin, atau menggunakan konten tersebut, baik secara keseluruhan atau sebagian, untuk tujuan komersial atau untuk keuntungan pribadi, tanpa izin tertulis sebelumnya dari kami.

5. Penggunaan yang Dilarang

Anda dapat menggunakan layanan hanya untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan ketentuan. Anda setuju untuk tidak menggunakan Layanan:
a) Dengan cara apa pun yang melanggar hukum atau peraturan nasional atau internasional yang berlaku.
b) Untuk tujuan mengeksploitasi, menyakiti, atau mencoba mengeksploitasi atau menyakiti anak di bawah umur dengan cara apa pun dengan mengekspos mereka ke konten yang tidak pantas atau sebaliknya.
c) Untuk mengirimkan, atau mengadakan pengiriman, materi iklan atau promosi apa pun, termasuk "surat sampah", "surat berantai", "spam", atau ajakan serupa lainnya.
d) Untuk meniru atau mencoba untuk menyamar sebagai Perusahaan, karyawan Perusahaan, pengguna lain, atau orang atau entitas lain.
e) Dengan cara apa pun yang melanggar hak orang lain, atau dengan cara apa pun adalah ilegal, mengancam, curang, atau berbahaya, atau sehubungan dengan tujuan atau aktivitas yang melanggar hukum, ilegal, curang, atau berbahaya.
f) Untuk terlibat dalam perilaku lain yang membatasi atau menghambat penggunaan atau kenikmatan Layanan oleh siapa pun, atau yang, sebagaimana ditentukan oleh kami, dapat membahayakan atau menyinggung Perusahaan atau pengguna Layanan atau membuat mereka bertanggung jawab.

Selain itu, Anda setuju untuk tidak:
a) Menggunakan layanan dengan cara apa pun yang dapat menonaktifkan, membebani, merusak, atau mengganggu layanan atau mengganggu penggunaan layanan oleh pihak lain, termasuk kemampuan mereka untuk terlibat dalam aktivitas realtime melalui layanan kami.
b) Menggunakan robot, spider, atau perangkat, proses, atau sarana otomatis lainnya untuk mengakses layanan untuk tujuan apa pun, termasuk memantau atau menyalin materi apa pun di layanan ini.
c) Menggunakan proses manual apa pun untuk memantau atau menyalin materi apa pun di Layanan atau untuk tujuan tidak sah lainnya tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami.
d) Menggunakan perangkat, perangkat lunak, atau rutinitas apa pun yang mengganggu kerja layanan yang semestinya.
e) Memperkenalkan virus, trojan horse, worm, bom logika, atau materi lain yang berbahaya atau berbahaya secara teknologi.
f) Mencoba untuk mendapatkan akses tidak sah, mengganggu, merusak, atau mengganggu bagian mana pun dari layanan, server tempat layanan disimpan, atau komputer, atau basis data apa pun yang terhubung ke layanan.
g) Menyerang layanan melalui serangan penolakan layanan atau serangan penolakan layanan terdistribusi.
h) Mengambil tindakan apa pun yang dapat merusak atau memalsukan peringkat Perusahaan.

6. Analitik

Kami dapat menggunakan Penyedia Layanan pihak ketiga untuk memantau dan menganalisis penggunaan Layanan kami.

7. Kekayaan Intelektual

Konten asli (tidak termasuk konten yang disediakan oleh pengguna), fitur dan fungsionalitas adalah tetap menjadi milik eksklusif Dana Pensiun Telkom dan pemberi lisensinya. Layanan dilindungi oleh hak cipta, merek dagang, dan undang-undang lain dari negara asing. Merek dagang dan pakaian dagang kami tidak boleh digunakan sehubungan dengan produk atau layanan apa pun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Dana Pensiun Telkom.

8. Kebijakan Hak Cipta

Kami menghormati hak kekayaan intelektual orang lain. Merupakan kebijakan kami untuk menanggapi setiap klaim bahwa konten yang diposting pada layanan melanggar hak cipta atau hak kekayaan intelektual lainnya dari orang atau entitas mana pun. Jika Anda adalah pemilik hak cipta, atau diberi kuasa atas nama salah satu, dan anda yakin bahwa karya berhak cipta tersebut telah disalin dengan cara yang merupakan pelanggaran hak cipta, silakan ajukan klaim anda melalui email ke Pengelola.IT@dapentelkom.co.id, dengan subject line: “Pelanggaran Hak Cipta” dan sertakan dalam klaim Anda deskripsi mendetail tentang dugaan Pelanggaran sebagaimana dirinci di bawah, “Pemberitahuan DMCA dan Prosedur untuk Klaim Pelanggaran Hak Cipta”. Anda dapat dimintai pertanggungjawaban atas kerugian (termasuk biaya dan biaya pengacara) atas pernyataan yang salah atau klaim dengan itikad buruk atas pelanggaran konten apa pun yang ditemukan pada dan/atau melalui layanan pada hak cipta anda.

9. Pemberitahuan DMCA dan Prosedur untuk Klaim Pelanggaran Hak Cipta

Anda dapat mengirimkan pemberitahuan sesuai dengan Digital Millennium Copyright Act (DMCA) dengan memberikan Agen Hak Cipta kami informasi berikut secara tertulis (lihat 17 USC 512(c)(3) untuk rincian lebih lanjut):
a) tanda tangan elektronik atau fisik dari orang yang berwenang untuk bertindak atas nama pemilik kepentingan hak cipta;
b) deskripsi karya berhak cipta yang Anda klaim telah dilanggar, termasuk URL (yaitu, alamat halaman web) lokasi tempat karya berhak cipta tersebut berada atau salinan karya berhak cipta tersebut;
c) identifikasi URL atau lokasi spesifik lainnya di Layanan tempat materi yang Anda klaim melanggar berada;
d) alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda;
e) pernyataan oleh Anda bahwa Anda memiliki keyakinan dengan itikad baik bahwa penggunaan yang disengketakan tidak diizinkan oleh pemilik hak cipta, agennya, atau hukum;
f) pernyataan oleh Anda, dibuat di bawah sumpah, bahwa informasi di atas dalam pemberitahuan Anda adalah akurat dan bahwa Anda adalah pemilik hak cipta atau berwenang untuk bertindak atas nama pemilik hak cipta.
Anda dapat menghubungi Agen Hak Cipta kami melalui email di Pengelola.IT@dapentelkom.co.id

10. Pelaporan Kesalahan dan Umpan Balik

Anda dapat memberikan kami secara langsung di Pengelola.IT@dapentelkom.co.id atau melalui situs dan alat pihak ketiga dengan informasi dan umpan balik mengenai kesalahan, saran perbaikan, ide, masalah, keluhan, dan hal-hal lain yang terkait dengan Layanan kami sebagai umpan balik. Anda mengakui dan menyetujui bahwa:
(i) Anda tidak boleh mempertahankan, memperoleh, atau menegaskan hak kekayaan intelektual atau hak, kepemilikan, atau kepentingan lainnya dalam Umpan Balik;
(ii) Perusahaan mungkin memiliki ide pengembangan yang serupa dengan Umpan Balik;
(iii) Umpan balik tidak mengandung informasi rahasia atau informasi hak milik dari Anda atau pihak ketiga mana pun; dan
(iv) Perusahaan tidak memiliki kewajiban kerahasiaan sehubungan dengan Umpan Balik. Jika pengalihan kepemilikan ke Umpan Balik tidak dimungkinkan karena undang-undang wajib yang berlaku, Anda memberi Perusahaan dan afiliasinya hak eksklusif, dapat dialihkan, tidak dapat dibatalkan, bebas biaya, dapat dipublikasikan, tidak terbatas, dan hak penggunaan terus-menerus (termasuk menyalin, memodifikasi, membuat karya turunan, menerbitkan, mendistribusikan, dan mengkomersialkan) Umpan balik dengan cara apa pun dan untuk tujuan apa pun.

11. Tautan Ke Situs Web Lain

Layanan kami mungkin berisi tautan ke situs web atau layanan pihak ketiga yang tidak dimiliki atau dikendalikan oleh Dana Pensiun Telkom. Dana Pensiun Telkom tidak memiliki kendali, dan tidak bertanggung jawab atas konten, kebijakan privasi, atau praktik dari situs web atau layanan pihak ketiga mana pun. Kami tidak menjamin penawaran dari entitas/individu ini atau situs web mereka. Anda mengakui dan setuju bahwa Dana Pensiun Telkom tidak bertanggung jawab secara langsung maupun tidak langsung, atas kerusakan atau kerugian yang disebabkan oleh penggunaan atau keandalan pada konten tersebut di situs web atau layanan tautan pihak ketiga. Kami menyarankan anda untuk membaca syarat layanan dan kebijakan privasi dari situs web atau layanan pihak ketiga yang anda kunjungi.

12. Penafian Jaminan

Layanan ini disediakan oleh Perusahaan sebagaimana adanya dan sebagaimana tersedia berdasarkan dan Perusahaan tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun, tersurat maupun tersirat terhadap pengoperasian layanan, atau informasi, konten atau materi. Anda secara tegas setuju bahwa penggunaan anda atas layanan ini, kontennya, dan atau informasi yang diperoleh dari kami adalah risiko anda sendiri. Baik Perusahaan maupun orang yang terkait dengan Perusahaan tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan kelengkapan keamanan, kehandalan, kualitas, akurasi, atau ketersediaan layanan. Tanpa membatasi yang diatas, baik Perusahaan maupun siapapun yang terkait dengan Perusahaan menyatakan tidak menjamin bahwa layanan, kontennya, atau barang yang diperoleh melalui layanan akan selalu akurat, dapat diandalkan, termasuk kesalahan pada layanan server, serta tidak menjamin selalu bebas dari virus atau komponen berbahaya lainnya atau layanan tidak memenuhi kebutuhan atau harapan anda Perusahaan dengan ini menolak semua jaminan dalam bentuk apapun, baik tersurat maupun tersirat, peraturan, atau lainnya, tidak terbatas pada jaminan dapat diperdagangkan, non-pelanggaran, dan kesesuaian lainnya untuk tujuan tertentu. Hal diatas tidak mempengaruhi jaminan yang tidak dapat dikecualikan atau dibatasi berdasarkan hukum yang berlaku.

13. Batasan Tanggung Jawab

Kecuali dilarang oleh hukum, anda menyetujui kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan langsung dan tidak langsung, insidental, khusus, atau konsekuensial yang timbul dari penggunaan atau ketidakmampuan menggunakan aplikasi, bahkan jika kami telah diberitahu tentang kemungkinan kerugian tersebut, namun sebagai hasilnya terjadi dan biaya ligitasi dan arbitrase atau di Peradilan atau banding, baik dalam tindakan, kelalaian atau tindakan berkelanjutan lainnya, atau timbul karena perjanjian, termasuk tanpa batas klaim apapun atas cedera pribadi atau kerusakan properti, timbul dari perjanjian ini dan setiap pelanggaran oleh anda terhadap undang-undang Federal, negara, atau setempat, undang-undang, aturan atau kewajiban apapun dari kerusakan tersebut. Kecuali dilarang oleh undang-undang jika tanggung jawab yang ditemukan pada bagian Perusahaan, itu akan terbatas pada jumlah yang dibayarkan untuk produk dan/atau layanan, dan dalam keadaan apapun tidak akan ada konsekuensial hukum. Beberapa Negara Bagian tidak mengizinkan pengecualian atau pembatasan kerusakan hukum, insidental atau konsekuensial, sehingga pembatasan atau pengecualian sebelumnya mungkin tidak berlaku bagi anda.

14. Pengakhiran

Kami dapat menghentikan atau menangguhkan akun anda dan memblokir akses ke layanan segera, tanpa pemberitahuan atau kewajiban sebelumnya, berdasarkan kebijakan kami sendiri, untuk alasan apa pun dan tanpa batasan, termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran ketentuan. Jika anda ingin menghentikan akun anda, anda cukup menghentikan penggunaan layanan. Semua ketentuan yang menurut sifatnya harus tetap berlaku setelah pengakhiran akan tetap berlaku setelah pengakhiran tanpa batasan, baik ketentuan kepemilikan, penafian garansi, ganti rugi, dan batasan tanggung jawab.

15. Hukum yang Mengatur

Ketentuan ini akan diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum di Indonesia tanpa memperhatikan pertentangan ketentuan hukumnya. Kegagalan kami untuk menegakkan hak atau ketentuan apa pun dari Persyaratan ini tidak akan dianggap sebagai pengabaian hak-hak tersebut. Jika ada ketentuan dari Ketentuan ini yang dianggap tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan oleh pengadilan, ketentuan lainnya dari Ketentuan ini akan tetap berlaku. Ketentuan ini merupakan keseluruhan perjanjian antara kami mengenai Layanan kami dan menggantikan dan menggantikan perjanjian sebelumnya yang mungkin kami miliki di antara kami mengenai Layanan.

16. Perubahan Layanan

Kami berhak untuk menarik atau mengubah Layanan kami, dan setiap layanan atau materi yang kami sediakan melalui Layanan, atas kebijakan kami sendiri tanpa pemberitahuan. Kami tidak akan bertanggung jawab jika karena alasan apapun semua atau sebagian Layanan tidak tersedia setiap saat atau untuk periode apa pun. Dari waktu ke waktu, kami dapat membatasi akses ke beberapa bagian Layanan, atau seluruh Layanan, kepada pengguna, termasuk pengguna terdaftar.

17. Amandemen Ketentuan

Kami dapat mengubah Ketentuan setiap saat dengan memposting ketentuan yang diubah di situs ini. anda bertanggung jawab untuk meninjau Ketentuan ini secara berkala. Jika anda terus menggunakan Platform setelah pengumuman Persyaratan yang direvisi, berarti Anda menerima dan menyetujui perubahan tersebut. Anda diharapkan untuk sering memeriksa halaman ini sehingga anda mengetahui setiap perubahan, karena itu mengikat Anda. Dengan terus mengakses atau menggunakan Layanan kami setelah revisi menjadi efektif, Anda setuju untuk terikat oleh persyaratan yang direvisi. Jika Anda tidak menyetujui persyaratan baru, Anda tidak lagi berwenang untuk menggunakan Layanan.

18. Pengesampingan dan Pemutusan

Tidak ada pengesampingan oleh Perusahaan atas syarat atau ketentuan apa pun yang ditetapkan dalam Ketentuan yang akan dianggap sebagai pengesampingan lebih lanjut atau berkelanjutan dari syarat atau ketentuan tersebut atau pengabaian atas syarat atau ketentuan lainnya, dan setiap kegagalan Perusahaan untuk menegaskan hak atau ketentuan berdasarkan Persyaratan tidak akan merupakan pelepasan hak atau ketentuan tersebut. Jika ada ketentuan dalam Ketentuan yang dianggap tidak sah, ilegal, atau tidak dapat dilaksanakan karena alasan apapun oleh pengadilan atau tribunal lain dari yurisdiksi yang kompeten, ketentuan tersebut akan dihilangkan atau dibatasi hingga batas minimum sehingga ketentuan lainnya dari Ketentuan akan terus berlaku penuh. dan efek.

19. Pengakuan

Dengan menggunakan layanan atau layanan lain yang disediakan oleh kami, anda mengakui bahwa anda telah membaca syarat layanan ini dan setuju untuk terikat pada Ketentuan ini.

20. Hubungi Kami

Kirimkan tanggapan, komentar, permintaan dukungan teknis anda melalui email: Pengelola.IT@dapentelkom.co.id



PRIVACY NOTICE
PESERTA DANA PENSIUN TELKOM


Dana Pensiun Telkom (“Dapen Telkom”) memiliki komitmen yang tinggi terhadap pelindungan Data Pribadi Peserta dengan menegakkan prinsip-prinsip Pelindungan Data Pribadi pada setiap pemrosesan yang dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Bentuk kepatuhan Dapen Telkom terhadap Pelindungan Data Pribadi juga telah dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan Pengurus Dana Pensiun Telkom Nomor: KP.112/HK20/Dapentel-003/2024 tentang Ratifikasi Tata Kelola Pelindungan Data Pribadi Telkom Group dan Surat Keputusan Pengurus Dana Pensiun Telkom Nomor: KP.123/HK20/Dapentel-003/2024 tentang Ratifikasi Pedoman Turunan Tata Kelola Pelindungan Data Pribadi Telkom Group.

Dokumen ini merupakan Privacy Notice versi Desember 2024 yang disusun dalam rangka penerapan kepatuhan Dapen Telkom terhadap Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi. Dokumen ini ditujukan kepada Peserta Dapen Telkom sebagai dasar pemrosesan Data Pribadi antara Peserta sebagai subjek Data Pribadi dan Dapen Telkom sebagai pengendali Data Pribadi.

Dalam dokumen ini, penggunaan istilah (i) “Dapen Telkom” merujuk pada Dana Pensiun Telkom, suatu badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan Manfaat Pensiun; (ii) “Peserta Dapen Telkom” atau “Anda” merujuk pada masing-masing orang perseorangan pemilik Data Pribadi (subjek data) yang memiliki hubungan kepesertaan dengan Dapen Telkom; (iii) “Data Pribadi” merujuk pada data tentang Peserta Dapen Telkom yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung  maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non elektronik sebagaimana dimaksud dalam Peraturan yang Berlaku; (v) “Peraturan yang Berlaku” merujuk pada Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi dan peraturan perundang-undangan yang relevan lainnya yang berlaku, Keputusan Pengurus Dana Pensiun Telkom Nomor: KP.112/HK20/Dapentel-003/2024 tentang Ratifikasi Tata Kelola Pelindungan Data Pribadi Telkom Group dan Surat Keputusan Pengurus Dana Pensiun Telkom Nomor: KP.123/HK20/Dapentel-003/2024 tentang Ratifikasi Pedoman Turunan Tata Kelola Pelindungan Data Pribadi Telkom Group dan peraturan perusahaan relevan lainnya yang berlaku, termasuk perubahannya dari waktu ke waktu; (vi) “Pemrosesan” merujuk pada tindakan memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, memperbaiki, melakukan pembaruan, menampilkan, mengumumkan, mentransfer, menyebarluaskan, mengungkapkan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi; (vii) “Sistem” merujuk pada Sistem Informasi dan Administrasi Dana Pensiun Telkom.

Dokumen Privacy Notice ini berlaku untuk seluruh Peserta Dapen Telkom yang memiliki hubungan kepesertaan dengan Dapen Telkom. Kami dapat meninjau kembali dan mengubah Privacy Notice ini atas kebijakan Kami sendiri dari waktu ke waktu, untuk memastikan bahwa Privacy Notice  ini konsisten dengan perkembangan Kami di masa depan, dan/atau perubahan persyaratan hukum atau Peraturan yang Berlaku. Jika Kami memutuskan untuk mengubah Privacy Notice ini, Kami akan memberitahu Anda tentang perubahan tersebut melalui kanal resmi Kami.

DASAR DAN TUJUAN PEMROSESAN DATA PRIBADI

Dapen Telkom utamanya memproses Data Pribadi Peserta untuk memenuhi kewajiban Dapen Telkom yang timbul karena hubungan administrasi berdasarkan hubungan kepesertaan Dapen Telkom dan Peserta Dapen Telkom. Data Pribadi Peserta juga dapat diproses oleh Dapen Telkom:
1. Untuk melaksanakan kepentingan sah (legitimate interest) Dapen Telkom, dengan tetap memperhatikan tujuan, kebutuhan, dan keseimbangan kepentingan Dapen Telkom dan hak-hak umum Peserta Dapen Telkom; 
2. Untuk memenuhi kewajiban hukum Dapen Telkom berdasarkan Peraturan yang Berlaku; dan
3. Berdasarkan persetujuan yang sah secara eksplisit dari Peserta Dapen Telkom untuk tujuan tertentu yang membutuhkan persetujuan Peserta Dapen Telkom dan apabila dipersyaratkan oleh Peraturan yang Berlaku.  
Kami memproses Data Pribadi Anda dengan tujuan sebagai berikut:  Untuk memproses transaksi Pengguna, memberikan kemudahan dalam penggunaan fasilitas pada Sistem, dan tujuan lain sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

DATA PRIBADI YANG KAMI KUMPULKAN

Data Pribadi yang diproses adalah Data Pribadi yang telah dan akan diberikan Peserta Dapen Telkom kepada Dapen Telkom. Sebagai bentuk keterbukaan informasi terhadap pengumpulan Data Pribadi, Kami menginformasikan daftar Data Pribadi Anda yang dikumpulkan dan diproses sebagai berikut: 
1. Data Pribadi yang diserahkan sendiri oleh Peserta Dapen Telkom meliputi:
  1. Nomor Induk Karyawan;
  2. Nama;
  3. Jenis Kelamin;
  4. Alamat sesuai yang tertera di Kartu Penduduk;
  5. Alamat domisili;
  6. Alamat lain yang dapat dihubungi;
  7. Tempat dan tanggal lahir;
  8. Tanggal Mulai Bekerja;
  9. Tanggal Calon Pegawai;
  10. Tanggal Pegawai Perusahaan;
  11. Tanggal Berhenti Bekerja;
  12. Alasan Berhenti Bekerja;
  13. Gaji Dasar / Referensi Premi Pensiun (RPP);
  14. Nama dan Tanggal Lahir dari istri/suami, anak terdaftar dan/atau pihak yang ditunjuk;
  15. Nomor Rekening Bank;
  16. Email;
  17. Nomor Telepon/Handphone;
  18. Copy Dokumen SK Pemberhentian dan data didalamnya;
  19. Copy Dokumen Kartu Tanda Penduduk dan data didalamnya;
  20. Copy Dokumen Kartu Keluarga dan data didalamnya;
  21. Copy Dokumen Nomor Pokok Wajib Pajak dan data didalamnya;
  22. Copy Dokumen atau Akta Kelahiran dan data didalamnya;
  23. Copy Dokumen atau Akta Perkawinan dan data didalamnya;
  24. Copy Dokumen atau Akta Perceraian dan data didalamnya;
  25. Copy Dokumen atau Akta Kematian dan data didalamnya;
  26. Foto Formal;
  27. Tanda Tangan;
  28. Verifikasi Wajah dengan Swafoto; dan
  29. Informasi lain yang dapat mengidentifikasi Pengguna.

2. Selain dari daftar Data Pribadi pada poin 1, Dapen Telkom sesuai kebutuhan dapat mengumpulkan Data Pribadi tambahan untuk kebutuhan spesifik identifikasi Peserta Dapen Telkom dan oleh karenanya Data Pribadi yang dikumpulkan akan termasuk sebagai Data Pribadi tambahan. Data Pribadi tambahan merupakan Data Pribadi yang terekam pada saat menggunakan Sistem, termasuk namun tidak terbatas pada:
    Data wajah Pengguna;
  1. Data lokasi sebenarnya dan geolokasi;
  2. Log aktivitas waktu akses Pengguna terhadap Sistem, Registrasi, login, dan perubahan data;
  3. Data atau preferensi penggunaan Pengguna, termasuk interaksi Pengguna dalam menggunakan Sistem, pilihan yang tersimpan, dan pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan cookie, tag piksel, dan teknologi serupa yang membuat dan memelihara pengenal unik;
  4. Data perangkat, termasuk jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Sistem, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal unik perangkat, pengenal iklan, informasi pergerakan perangkat, dan/atau informasi data jaringan seluler;
  5. Catatan data (log), termasuk catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau halaman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis browser, dan/atau Sistem atau layanan pihak ketiga yang digunakan Pengguna sebelum berinteraksi dengan Sistem; dan
  6. Dapen Telkom menggunakan fitur Google Analytics. Data yang diperoleh Dapen Telkom dari fitur-fitur tersebut, seperti usia, jenis kelamin, minat Pengguna, dan informasi lain yang dapat mengidentifikasi Pengguna, akan digunakan oleh Dapen Telkom untuk pengembangan fitur, fasilitas, dan/atau konten yang terdapat pada Sistem Dapen Telkom.

3. Data Pribadi lain yang diperoleh dari sumber eksternal, antara lain sebagai berikut:
  1. Pendiri dan Mitra Pendiri Dapen Telkom;
  2. Mitra kerja yang bekerjasama dengan Dapen Telkom;
  3. Badan-badan atau instansi pemerintah; dan
  4. Sumber-sumber lain yang dapat diakses secara umum.

4. Data Pribadi dari aktivitas perangkat Peserta Dapen Telkom yang memiliki aplikasi atau layanan Dapen Telkom. Meskipun demikian, kami tetap akan meminta izin melalui aplikasi untuk mengakses kamera dan fitur telepon dari perangkat untuk menggunakan seluruh fitur-fitur aplikasi.

PEMROSESAN DATA PRIBADI


Berdasarkan dasar pemrosesan Data Pribadi yang sah dari Peserta Dapen Telkom dan sesuai dengan Peraturan yang Berlaku, Kami juga dapat mentransfer dan/atau membagikan Data Pribadi Anda pada pihak sebagai berikut untuk tujuan sebagaimana ditetapkan dalam Privacy Notice ini.
1. Mitra yang telah memiliki kontrak kerja sama yang sah; 
2. Pihak yang berwenang, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau perjanjian dengan Dapen Telkom dengan tetap memastikan adanya tujuan pemrosesan Data Pribadi sebagaimana yang disebutkan dalam Peraturan yang Berlaku serta alasan-alasan lainnya seperti:
a. Untuk mematuhi hukum atau mendukung proses penegakan hukum, termasuk proses hukum yang diajukan oleh atau terhadap:
i. Dapen Telkom, termasuk pejabat atau karyawan Dapen Telkom;
ii. Peserta Dapen Telkom; dan/atau
iii. Stakeholders, penyedia jasa dan/atau mitra bisnis Dapen Telkom.
b. Untuk melindungi kepentingan Dapen Telkom, keselamatan Peserta Dapen Telkom atau keselamatan orang lain atau demi kepentingan sah pihak mana pun dalam konteks keamanan nasional, penegakan hukum, litigasi, investigasi kriminal, pencegahan wabah atau penanggulangan keadaan darurat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah;
c. Untuk kepentingan investigasi internal atas tindak pidana, pelanggaran peraturan atau kebijakan di lingkungan Dapen Telkom;
d. Untuk menetapkan, melaksanakan, melindungi, mempertahankan dan menegakkan hak-hak hukum atau kontraktual Dapen Telkom;
e. Untuk kerja sama antara Dapen Telkom dengan pengendali Data Pribadi lain dan/atau pihak ketiga independen, penyedia jasa, mitra bisnis dan/atau perusahaan afiliasi sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi yang disampaikan dalam Privacy Notice ini;
f. Untuk menyediakan Layanan Dapen Telkom, seperti perusahaan yang membantu mengembangkan dan mengoperasikan sistem untuk Layanan dengan pusat kontak Peserta Dapen Telkom, kegiatan layanan Peserta Dapen Telkom, melakukan survei kepuasan Peserta Dapen Telkom, atau yang mengirim email atas nama Dapen Telkom. Hal ini dibatasi oleh ketentuan kontrak terkait kemampuan mereka untuk menggunakan informasi Peserta Dapen Telkom dengan tujuan spesifik yang terbatas hanya untuk menyediakan Layanan kepada Dapen Telkom;
g. Untuk bekerja sama dengan mitra dan perusahaan afiliasi dalam peningkatan pengalaman Peserta Dapen Telkom pada setiap layanan, yang hanya akan dilakukan sesuai dengan tujuan pemrosesan sebagaimana disampaikan sebelumnya, atau untuk melindungi kepentingan Anda, serta tunduk pada kesepakatan pemrosesan data dengan Dapen Telkom;
h. Terjadinya penggabungan, konsolidasi atau restrukturisasi Dapen Telkom. Tindakan ini dilindungi oleh perjanjian kerahasiaan antara Dapen Telkom dengan pihak ketiga yang terkait; dan
i. Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagaimana dijelaskan pada bagian Dasar dan Tujuan Pemrosesan Data Pribadi.

MASA RETENSI PENYIMPANAN DATA

Kami akan mulai menyimpan informasi dan Data Pribadi Anda pada saat Anda mendaftarkan diri dalam Sistem Dapen Telkom. Informasi dan Data Pribadi Anda akan diproses selama Anda masih terikat hubungan kepesertaan dengan Dapen Telkom, dan akan disimpan sampai dengan jangka waktu maksimal 10 (sepuluh) tahun sejak berakhirnya hubungan kepesertaan antara Dapen Telkom dan Peserta Dapen Telkom atau untuk jangka waktu yang lebih lama selama penyimpanan tersebut diperlukan atau diharuskan oleh peraturan yang berlaku. 


Jika Dapen Telkom tidak perlu lagi menggunakan Data Pribadi Anda untuk tujuan yang disampaikan dalam Privacy Notice ini dan Dapen Telkom tidak diwajibkan secara hukum untuk menyimpan Data Pribadi tersebut, atau apabila dipersyaratkan oleh Peraturan yang Berlaku, maka Dapen Telkom akan mengambil langkah-langkah yang wajar untuk menghapus atau memusnahkan Data Pribadi Anda.  

HAK PESERTA DAPEN TELKOM

1. Anda memiliki hak-hak sebagai berikut sehubungan dengan pemrosesan Data Pribadi Anda oleh Dapen Telkom: a. Hak untuk mendapatkan informasi tentang kejelasan penggunaan Data Pribadi oleh Dapen Telkom; Anda berhak untuk mendapatkan informasi mengenai bagaimana Data Pribadi Anda diproses oleh Dapen Telkom melalui Privacy Notice ini. 
b. Hak untuk melengkapi, memperbaiki, atau memperbarui Data Pribadi; 
Anda memiliki hak untuk memperbaiki Data Pribadi yang dimiliki tentang Anda jika Data tersebut tidak lengkap, tidak akurat atau perlu diperbarui. Proses perbaikan Data Pribadi dapat Anda lakukan pada aplikasi atau layanan yang telah disediakan Dapen Telkom.
c. Hak untuk mendapatkan akses dan memperoleh salinan Data Pribadi; Anda berhak untuk mengakses dan menerima salinan Data Pribadi Anda yang diproses oleh Dapen Telkom melalui aplikasi atau layanan yang telah disediakan, dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan/atau format yang lazim digunakan, atau dapat terbaca dalam suatu sistem elektronik. d. Hak untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus atau memusnahkan Data Pribadi;  Dapen Telkom menjamin untuk hanya memproses dan menyimpan data Anda selama dibutuhkan. Dalam keadaan tertentu, Anda memiliki hak untuk meminta Dapen Telkom untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus, atau memusnahkan Data Pribadi Anda, dengan mekanisme lebih lanjut sesuai kesepakatan bersama antara Anda dengan Dapen Telkom. e. Hak untuk menarik persetujuan atas pemrosesan Data Pribadi (jika relevan); Anda juga memiliki hak untuk menarik persetujuan atas pemrosesan Data Pribadi sepanjang telah mempertimbangkan dan menerima konsekuensi yang mungkin akan timbul terkait kegiatan administrasi layanan Peserta Dapen Telkom dan konsekuensi lainnya yang relevan. f. Hak untuk menolak tindakan pengambilan keputusan berdasarkan pemrosesan secara otomatis;  Dalam hal Dapen Telkom melakukan tindakan pengambilan keputusan berdasarkan pemrosesan Data Pribadi Peserta Dapen Telkom secara otomatis, Anda memiliki hak untuk menolak tindakan tersebut dengan menyampaikan alasan dan keterangan yang jelas.  g. Hak untuk menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proporsional; Anda dapat meminta Dapen Telkom untuk menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi Anda berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh Peraturan yang Berlaku.  h. Hak untuk menggunakan dan mengirimkan Data Pribadi tentang Peserta Dapen Telkom ke Pengendali Data Pribadi lainnya; dan Anda dapat menggunakan dan mentransfer Data Pribadi Anda ke pengendali Data Pribadi lainnya, sepanjang sistem yang digunakan dapat saling berkomunikasi secara aman sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.   i. Hak untuk menggugat dan menerima ganti rugi atas pelanggaran pemrosesan Data Pribadi Peserta Dapen Telkom. Anda dapat mengajukan gugatan dan penggantian kerugian dalam hal terjadinya pelanggaran pemrosesan Data Pribadi Anda oleh Dapen Telkom, tunduk pada ketentuan Peraturan yang Berlaku.  2. Sejauh mana dimungkinkan oleh Peraturan yang Berlaku, Dapen Telkom memiliki hak untuk tidak memenuhi permintaan hak dari Peserta Dapen Telkom sebagaimana yang disebutkan di atas.  3. Dapen Telkom, sejauh diperbolehkan oleh Peraturan yang Berlaku, dapat memverifikasi identitas Peserta Dapen Telkom sebelum memenuhi permintaan Peserta Dapen Telkom berkaitan dengan pelaksanaan hak-hak di atas. 

PELAKSANAAN HAK PESERTA

Pelaksanaan hak-hak Anda sebagai subjek Data Pribadi, dilakukan dengan mengirimkan permintaan tertulis kepada pusat layanan Dapen Telkom sebagaimana tertera dalam bagian Hubungi Kami di bawah. Selanjutnya, Dapen Telkom secara maksimal akan mengusahakan pelaksanaan atas hak Anda dan/atau penyampaian konfirmasi dan/atau tanggapan atas permohonan Anda kepada Dapen Telkom dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh Peraturan yang Berlaku, yakni paling lambat 3 x 24 (tiga kali dua puluh empat) jam sejak kami menerima antara lain: a) permintaan penarikan kembali persetujuan Pemrosesan Data Pribadi; b) permintaan perbaikan Data Pribadi; c) permintaan akses atas Data Pribadi; dan/atau d) permohonan atas salinan Data Pribadi. 

KEAMANAN

1. Dapen Telkom berkomitmen untuk mengamankan Data Pribadi Anda. Dapen Telkom telah menerapkan prosedur fisik, elektronik, dan organisasional yang sesuai untuk menjaga dan mengamankan Data Pribadi Anda. Langkah-langkah ini termasuk kontrol akses atas Data Pribadi Anda yang diproses Dapen Telkom, sejauh mana relevan. 
2. Dapen Telkom secara berkala meninjau praktik pengumpulan, penyimpanan, dan pemrosesan Data Pribadi, termasuk langkah-langkah keamanan fisik, untuk melindungi terhadap akses tidak sah ke sistem, dan membatasi akses ke Data Pribadi bagi karyawan, kontraktor, dan mitra Dapen Telkom yang perlu mengetahui informasi tersebut untuk memprosesnya untuk Dapen Telkom, dan yang tunduk pada kewajiban kontraktual yang ketat dan dapat dikenakan sanksi atau diberhentikan jika mereka gagal memenuhi kewajiban ini. 
3. Dapen Telkom mengikuti standar industri yang diterima secara umum untuk melindungi Data Pribadi yang Anda serahkan kepada Dapen Telkom, baik selama pengiriman berlangsung maupun setelah Dapen Telkom menerimanya. Tidak ada metode transmisi melalui internet, atau metode penyimpanan elektronik, yang sepenuhnya aman. Oleh karena itu, meskipun Dapen Telkom berusaha menggunakan cara yang dapat diterima secara komersial untuk melindungi Data Pribadi Anda, Dapen Telkom tidak dapat menjamin keamanan mutlaknya.

PENGAKUAN DAN PERSETUJUAN


1. Anda harus memastikan bahwa segala data yang diberikan dalam bentuk tertulis maupun bentuk lainnya untuk menjadi Peserta Dapen Telkom adalah benar milik Anda dan bukan diperoleh dari informasi pribadi milik pihak ketiga tanpa izin yang sah. Kami tidak bertanggung jawab atas kebenaran Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami.
2. Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Privacy Notice ini.  Kami akan melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda sesuai dengan Privacy Notice ini.
3. Anda memahami bahwa setiap pelanggaran ketentuan pidana Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi dan peraturan perundang-undangan yang relevan lainnya yang berlaku menjadi tanggung jawab individu Peserta apabila Anda melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku baik secara internal maupun Peraturan Yang Berlaku dan bukan menjadi tanggung jawab Dapen Telkom.
4. Jika Anda merupakan penyandang disabilitas yang tidak dapat memberikan persetujuan secara mandiri, maka sesuai dengan Peraturan yang Berlaku, Anda wajib memastikan telah mendapatkan persetujuan dari wali Anda.

HUBUNGI KAMI

Jika Peserta Dapen Telkom memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai privasi dan keamanan informasi Pengguna atau ingin melakukan konfirmasi untuk memperbarui informasi mengenai akun Pengguna (seperti email atau kata sandi akun), silakan hubungi kami:
Alamat Korespondensi: Gedung Dana Pensiun Telkom, Jl. Surapati No. 151, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122
Halo Sadaya: 022 1500022
Telp/WA/Telegram: 08112183151/ 08112193151
Email: customercare@dapenTelkom.co.id

PEMBARUAN PRIVACY NOTICE PESERTA DANA PENSIUN TELKOM

Kami sewaktu-waktu dapat melakukan pembaruan Privacy Notice ini. Setiap kali kami melakukan perubahan, kami akan menyampaikan pemberitahuan kepada anda sebelum perubahan tersebut berlaku secara efektif, serta melaksanakan mekanisme lainnya sesuai yang diatur dalam Peraturan yang Berlaku, misalnya seperti meminta persetujuan ulang dari Anda jika diperlukan berdasarkan Peraturan yang Berlaku. 

PERNYATAAN KHUSUS PESERTA PENERIMA MANFAAT PENSIUN JANDA/DUDA

Sebagai Peserta Penerima Manfaat Pensiun Janda/Duda, Saya menyatakan dengan sebenarnya bahwa saat ini Saya masih berstatus Janda/Duda dari Pensiunan dan belum kawin lagi, baik perkawinan yang dilakukan berdasarkan undang-undang perkawinan maupun perkawinan yang dilakukan hanya secara adat/agama/nikah siri. Apabila dikemudian hari pernyataan ini tidak benar maka Saya bersedia mengembalikan kelebihan pembayaran Manfaat Pensiun kepada Dapen Telkom sesuai ketentuan yang berlaku.