Evaluasi Program dan Kinerja P2TEL Cabang Depok Triwulan-1/2021

PADA hari Senin, 12 April 2021 di kantor sekretariat P2TEL Cabang Depok Badan Pengawas telah melakukan Audit terhadap operasional Cabang untuk Triwulan-1/2021 (Periode Januari s.d. Maret 2021). Audit ini dilakukan merupakan implementasi dari  Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga P2TEL sesuai dengan Pasal 43 Ayat (1), (2) dana (3).

Bersamaan dengan kegiatan Audit, dilakukan Evaluasi terhadap Program dan kinerja P2TEL Cabang Depok selama Triwulan-1/ 2021, terdiri dari program mandatory dari PP P2TEL dan program pelayanan terhadap anggota serta program sosial lainnya.

  1. Program Data Ulang (DATUL) semester-1/2021, P2TEL Cabang Depok yang terdiri dari 14 Komisariat dengan jumlah anggota yang wajib DATUL dalam Semester-1/ 2021 adalah 680 PMP, kegiatan silaturahmi DATUL ini dimulai pada akhir bulan Januari 2021, Alhamdullilah dapat diselesaikan pada akhir bulan Februari 2021, efektif dalam waktu 1 (satu) bulan 680 PMP Cabang Depok selesai DATUL. Hal ini berkat kerja keras seluruh Pengurus, khususnya para Ketua Komisariat yang mempunyai kewajiban untuk melakukan silaturahmi dengan PMP. Dalam operasionalnya ada sedikit hambatan yang ditemukan oleh Pengurus dalam melakukan silaturahmi, seperti nomor telepon yang sulit dihubungi/ tidak aktif, yang akhirnya Pengurus harus melakukan kunjungan langsung kepada PMP tersebut, walaupun pada saat sekarang ini Pengurus membatasi untuk melakukan tatap muka langsung dengan PMP dikarenakan situasi dan kondisi pandemi Covid-19.
  2. Pelayanan PMP, dalam Triwulan-1/ 2021 pelayanan langsung yang diberikan kepada PMP seperti pendistribusian kalender sebanyak 665 eksamplar dan bulletin sudah dapat diselesaikan pada bulan Januari 2021. Pengurusan dana kematian ada 11 yang meninggal, laporan kematian di input di aplikasi SIMPUL rata-rata 1 hari setelah kejadian meninggal, dan proses upload dokumen kematian di SIMPUL rata-rata 2 minggu setelah kejadian meninggal, penyerahan dana kematian kepada ahli waris rata-rata 4 minggu setelah kejadian meninggal. Pengurusan pensiun janda/duda ada 5 dan juga membantu PMP dalam pelaporan pajak tahunan.
  3. Program IBO, dalam Triwulan-1/ 2021 kegiatan olah raga dilakukan atas Kerjasama dengan Yakes Regional-2 Jakarta-Banten berupa kegiatan senam yang dilakukan secara virtual/ Zoom Meeting setiap hari Rabu pukul 07.30 s/d 08.15. Peserta senam dapat mengikuti dari rumah masing-masing. Secara kuantitas jumlah peserta dari Cabang Depok yang mengikuti senam virtual ini rata-rata 25 Orang setiap minggunya, sangat berbeda dengan kegiatan senam sebelum pandemi, senam pagi yang dilaksanakan dilapangan bisa dihadiri rata-rata 80 peserta.
  4. Program Bedah Rumah, pada akhir tahun 2020 P2TEL Cabang Depok sudah mengajukan usulan bedah rumah tahun 2021 untuk 3 rumah pensiunan, pada tanggal 31 Maret 2021 tim Survey dari Batom P2TEL Pusat sudah melakukan survey 3 rumah yang diusulkan, didampingi oleh Pengurus P2TEL Cabang Depok, diharapkan realisasi bedah rumah ini dapat dilaksanakan pada Triwulan-2 atau Triwulan-3/ 2021.
  5. Menyalurkan Bantuan Dana Zakatel, dalam Triwulan-1/ 2021 bantuan dana Zakatel telah diberikan kepada 2 orang PMP, sehingga sejak bulan Desember 2018 s.d. Maret 2021 jumlah penerima dana bantuan Zakatel di Cabang Depok sudah berjumlah 32 penerima bantuan pinjaman dari Zakatel.
  6. Kegiatan Sosial, P2TEL Cabang Depok sejak akhir tahun 2019 telah menggalang dana sosial sukarela dari anggota untuk anggota, dalam triwulan-1/ 2021 dana sosial yang sudah diberikan kepada 11 anggota yang meninggal dunia dan 12 anggota yang sakit dirawat di rumah sakit.

Depok,  28 April 2021
Kontributor, KPC Depok

 

ALI MARDI
NIK. 580795