Semarak Hari Pelanggan Nasional : “Be Adaptive Toward Our Valuable Customer”

Ada sesuatu yang berbeda di Gedung Dapen Telkom pada Hari Selasa, 6 September 2022. Di pagi hari yang cerah itu tampak seluruh Pengurus Dana Pensiun Telkom dengan tampilan seragam security lengkap dengan atributnya. Tidak hanya dari segi tampilan, tetapi para Pengurus juga bersikap dan bertindak sebagaimana layaknya petugas security yang selama ini bertugas, yang tidak hanya bertanggungjawab dalam menertibkan dan memberikan rasa aman di lingkungan kerja, tetapi juga sebagai garda terdepan layanan kepada seluruh pengunjung Gedung Dapen Telkom, tidak terkecuali kepada para karyawan sebagai customer internal Dapen Telkom.

Penampilan dan peran yang tentunya amat sangat berbeda dengan keseharian Para Pengurus ini adalah dalam rangka Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September. Kegiatan ini adalah sebuah Role Playing, di mana Para pengurus menunjukkan sebuah tauladan dan bentuk nyata pelayanan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memeriahkan peringatan Hari Pelanggan Nasional di Dapen Telkom. Role playing menjadi kegiatan pembuka rangkaian peringatan hari itu selain dari kegiatan lainnya yaitu Leader’s Talk Value.

Kegiatan Role playing  Diawali dengan apel pagi yang diikuti bersama oleh para Pengurus dan petugas security yang bertugas. Arahan apel kali itu disampaikan langsung oleh Bapak Abdul Hadi selaku Presdir Dana Pensiun Telkom. Setelah  memberikan arahan, para Pengurus dan security segera menuju titik penjagaan masing-masing. Terlihat Bapak Abdul Hadi dan Bapak Fadchi Nizar Amizade bertugas di pintu masuk menuju area parkir sedangkan Ibu Siti Rakhmawati bertugas di lobby.

Kehadiran para Pengurus ini tentu saja menjadi sebuah kejutan bagi para karyawan yang mulai berdatangan. Apalagi Pengurus juga memberikan sambutan hangat dan ramah sebagai citra layanan Dapen Telkom kepada mereka sejak di area parkir hingga lobby Gedung. Kehangatan sangat terasa mewarnai suasana pagi itu yang mungkin sangat tidak terbayangkan dan menjadi sebuah kenangan pengalaman yang sangat berkesan bagi seluruh karyawan. Tidak hanya itu, Pengurus juga memberikan bunga kepada beberapa karyawan dan juga petugas security yang bertugas, sebagai sebuah tanda cinta dan penghargaan atas semangat pelayanan Dapen Telkom. Kegiatan Role playing ditutup dengan foto bersama para Pengurus dan para petugas security.

Siang harinya acara dilanjutkan dengan Leader’s Talk Value yang diselenggarakan secara hybrid dan diikuti oleh seluruh karyawan Dapen Telkom. Pada kegiatan ini karyawan yang bekerja di rumah (WFH) dapat mengikuti secara online melalui media zoom meeting sementara untuk peserta yang ada di kantor (WFO) hadir secara langsung atau offline di ruang GSG lantai 3 Dana Pensiun Telkom. Leader’s Talk Value kali ini disampaikan oleh Direktur Kepesertaan Dana Pensiun Telkom, Bpk Fadchi Nizar Amizade dengan judul “Be Adaptive Toward Our Valuable Customer”. Acara dibuka dengan pembacaan do’a yang dilanjutkan dengan menyanyikan bersama lagu “Jayalah Telkom”. Inti dari paparan materi adalah untuk mengingatkan seluruh karyawan, bahwa melayani pelanggan adalah sebuah hal yang sangat penting, di mana Key Behavior Core Value AKHLAK dapat dijadikan sebagai landasan Budaya Pelayanan Dapen Telkom karena seluruh komponennya bersifat positif. Lebih lanjut Bapak FNA mengingatkan bahwa Hari Pelanggan Nasional menjadi sebuah momentum untuk menguatkan value Pelayanan kepada para pelanggan dengan perilaku pelayanan berbasis AKHLAK yang harus terus melekat dalam keseharian bidang tugas masing-masing. Tahun ini Hari Pelanggan Nasional memiliki tema : “Pelanggan Sebagai Promotor”, maka dari itu diharapkan seluruh karyawan dapat memberikan Pelayanan melebihi ekspektasi, demikian tutup Bpk FNA.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diajukan oleh 2 orang peserta, masing-masing 1 peserta offline dan 1 peserta online. Kesan dan pesan tidak lupa diberikan oleh Presdir Dapen Telkom yang telah melakukan role playing, beliau berpesan dalam melakukan suatu pekerjaan perlu memahami SOP yang ada serta bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Setiap peran atau pekerjaan besar atau kecil memiliki tantangan tersendiri namun memiliki nilai yang sama pentingnya sehingga harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Acara Leader’s Talk Value ditutup dengan sesi foto bersama seluruh karyawan Dapen Telkom yang hadir secara offline maupun online yang menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan Hari pelanggan Nasional Dapen Telkom.